Membumikan Ilmu

Beruntunglah kita, sebagian kecil dari manusia yang dapat merasakan nikmatnya ilmu. Karena, menang, ilmu tidak mudah untuk dicari. Selain membutuhkan waktu, pencarian ilmu juga mebutuhkan tenaga, uang, dan pikiran yang tidak sedikit.

Ilmu – tidak mudah kita menggapainya

Meski begitu, kita sebagai orang berilmu, mempunyai satu tanggung jawab yang pasti. Yaitu mengajarkan dan mengamalkan ilmu kita. Sebaik baik ilmu adalah yang diamalkan dan diajarkan. Dan memang tanggung jawab orang yang terdidik adalah mendidik orang yang belum terdidik.

Namun, untuk mengerjakan tanggung jawab tersebut tidaklah mudah. Seringkali bahkan proses membagi ilmu ini mebutuhkan waktu, tenaga, uang, dan pikiran yang bahkan lebih banyak dari proses pembelajaran kita sendiri terhadap ilmu yang sama. Karenanya, kebanyakan orang menyerah dengan tanggung jawabnya dan membuat orang orang berilmu menjadi terkesan eksklusif.

Sebaik-baiknya ilmu adalah yang bermanfaat

Nah, ini memang menjadi tantangan tersendiri bagi kita kawan. Memang, tidak mudah membagi ilmu kita kepada orang lain. Membutuhkan teknik teknik tersendiri, seperti public peaking, kesabaran, dan bahasa yang mudah dicerna. Yang paling penting yaitu, jangan pernah memposisikan audiens kita sepintar kita. Jika anda mampu, jelaskan sedetail mungkin, dengan bahasa yang seringan mungkin, sampai-sampai seperti jika anda menjelaskan ilmu tersebut kepada anak kecil.

Namun cobalah kawan, dan rasakan jika anda berhasil membagi ilmu itu. Rasakan nikmatnya dan ceritakan hal ini kepada orang-orang di sekitarmu. Niscaya, kedepannya kita tidak akan menjadi kaum terdidik yang elitis.

Nikmatnya berbagi, kebahagiaan sebenarnya

Lebih lagi, dengan motivasi ingin berbagi kepada orang lain, kita akan mendapat motivasi yang lebih ketika kita belajar pertama kali. Karena, kita memiliki tanggung jawab yang lebih terhadap ilmu kita. Orang bijak pernah berkata, ilmu itu bukanlah warisan untukmu nak, tetapi titipan untuk generasi generasi setelah kamu dan setelahnya.

Generasi mendatang, akankah mereka mendapatkan lebih dari yang kita dapatkan? tergantung kita, kawan.

Categories: Kilau Lentera Ide | Tags: , , , , , , , , , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: